ORGANISASI
Pengertian Organisasi
merupakan sekumpulan orang dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan secara
bersama.
Secara umum, Pengertian
Organisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari
sekumpulan individu terhadap pembagian kerja kelompok dalam rangka mewujudkan
tujuan yang telah diciptakan secara sistematis dan struktural. Dalam organisasi
terdapat beberapa batasan yang dapat ditunjukkan pada sebuah organisasi
tersebut. Selain itu, Pengertian Organisasi dapat diartikan sebagai tempat
orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terorganisasi, terencana, terkendali dan terpimpin dalam memanfaatkan sumber
daya yang digunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi
secara bersama-sama.
Pengertian Organisasi
menurut para Ahli
1. Menurut Stephen P.
Robbinss
Organisasi merupakan
kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang
relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus
menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
2. Menurut James D
Mooney
Organisasi merupakan
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Menurut Stoner
Organisasi merupakan
suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
4. Menurut Chester I
Bernard
Organisasi merupakan
suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
5. Menurut Schein
Organisasi merupakan
suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum
melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan
tanggungjawab.
6. Menurut Kochler
Organisasi merupakan
sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok
orang untuk mencapai tujuan tertentu.
7. Menurut W.J.S.
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia
Organisasi merupakan
susunan dan aturan dari berbagai bagian sehingga menjadi kesatuan yang teratur.
8. Menurut M. dahlan Al
Barry , Kamus Modern Bahasa Indonesia
Organisasi merupakan
penyusunan dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi suatu kesatuan, sususan
dan aturan dari berbagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur dan
gabungan kerja sama (untuk mencapai tujuan tertentu).
Contoh dari suatu
organisasi yaitu organisasi kemahasiswaan, sebagai contohnya untuk sekolah
menengah ditujukan pada OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan untuk
perguruan tinggi ditujukan pada BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).
Organisasi-organisasi merupakan salah satu dari bentuk organisasi garis karena
mempunyai cakupan yang tidak luas hanya berada di lingkungannya saja dan
bergelut di wilayahnya saja namun BEM dapat dikatakan sebagai bentuk organisasi
garis dan staff karena BEM biasanya terdiri atas beberapa anggota yang berasal
dari berbagai fakultas, wilayah kampus yang berbeda dan jurusan yang berbeda
pula sehingga memiliki jangkauan yang luas.
Pada Pengertian
Organisasi, dapat dibagikan ke dalam empat jenis berdasarkan bentuknya yaitu
sebagai berikut :
1. Organisasi garis
Bentuk organisasi paling
sederhana, tertua dan masih kecil. Dimana jumlah karyawan/anggotanya
masih sedikit sehingga spesialisasi kerjanya belum tinggi dan dapat mengenal
satu sama lain dengan baik.
2. Organisasi garis dan
staff
Bentuk organisasi
yang digunakan oleh setiap organisasi besar, bidang pekerjaan bermacam-macam,
memiliki cakupan kerja yang luas dan rumit serta karyawan/anggota pada bentuk
organsasi ini sudah banyak.
3. Organisasi fungsional
Organisasi yang
terbentuk sesuai dengan dasar fungsi-fungsi yang dijalankan dan organisasi ini
di tetapkan pada perusahaan yang dimana pembagian tugas dalam kerjanya dapat
dibedakan secara jelas.
4. Organisasi panitia
Organisasi yang
terbentuk hanya dalam sewaktu saja,setelah tugas usai dikerjakan maka organisasi
tersebut telah menyelesaikan tugasnya.
Pada Pengertian
Organisasi, dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis berdasarkan banyaknya
pemimpin yaitu antara lain :
1. Organisasi proyek
Organisasi yang
membentuk kelompok-kelompok spesialisasi dalam mewujudkan tujuan yang khusus,
dimana manajer proyek memiliki kewenangan untuk memimpin para anggota kelompok
selama periode waktu proyek. Apabila telah selesai maka organisasi tersebut
akan dibubarkan.
2. Organisasi matrik
Organisasi yang seraya
membentuk seperti organisasi proyek tetapi yang menjadi perbedaan adalah dimana
anggota atau karyawan dalam organisasi matrik ini memiliki dua pemimpin dengan
kewenangan yang berbeda.
Secara umum, beberapa
jenis organisasi yaitu diantaranya :
1. Organisasi politik
2. Organisasi kemahasiswaan
3. Organisasi kenegaraan
4. Organisasi sosial
Struktur organisasi
merupakan rangkaian komponen-komponen yang tersusun dalam organisasi. Struktur
organisasi memaparkan tentang adanya pembagian kerja dan bagaimana
kegiatan-kegiatan yang berbeda dapat terkoordinasikan dengan baik. Selain itu,
struktur organisasi menunjukkan adanya spesialisasi pekerjaan,
penyampaian laporan dan saluran perintah
Unsur-unsur dalam
struktur organisasi :
1. Spesialisasi
Spesialisasi dalam
struktur organisasi ini mencakup tentang spesaialisasi, baik tugas individu
maupun tugas kelompok dalam suatu organisasi dan mengelompokkan tugas-tugas
tersebut ke dalam komponen-komponen organisasi (unit kerja).
2. Standarisasi
Standarisasi dalam
struktur organisasi ini mencakup tentang standarisasi tata kerja, sistem kerja
dan prosedur kerja dalam organisasi. Banyak sistem dan prosedur kerja yang
termasuk bagan organisasi dan struktur organisasi, dimana dikembangkan melalui
peraturan-peraturan tentang kegiatan dan hubungan kerja yang digunakan dalam
organisasi.
3. Koordinasi
Koordinasi dalam
struktur organisasi ini mencakup tentang ketergantungan, penyelarasan
fungsi-fungsi, pengintegrasian dan komponen-komponen dalam organisasi yang
berkaitan.
4. Sentralisasi dan
desentralisasi.
Sentralisasi dan
desentralisasi dalam kegiatan ini mencakup tentang pengambilan keputusan. Dalam
struktur organisasi desentralisasi, pengambilan keputusan didelegasikan kepada
individu-individu pada tingkat-tingkat manajemen bawah dan menengah. Sedangkan
dalam struktur organisasi yang sentralisasi, pengambilan keputusan dilakukan
oleh para pimpinan puncak.
Source :
https://tiaralisya.wordpress.com/2014/03/17/peran-organisasi-dalam-perusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar